Program Fellowship Hubert H. Humphrey untuk Profesional Karir Menengah

Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals

Program Hubert H. Humphrey Fellowship menawarkan kesempatan kepada profesional karir menengah dari negara yang sudah ditentukan, termasuk Indonesia, untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui program non-gelar khusus untuk kelompok kecil Humphrey Fellows di universitas-universitas pilihan di Amerika Serikat. Peserta dipilih berdasarkan potensi kepemimpinan nasional dan komitmen untuk pelayanan publik, baik di sektor publik maupun swasta. Program ini menyediakan dasar untuk membangun kerja sama jangka panjang dan hubungan antar warga negara Amerika Serikat dengan rekan dari negara lainnya, serta meningkatkan pertukaran pengetahuan dan pemahaman bersama di dunia.

Program yang disusun untuk peserta berasal dari fokus pada disiplin tradisional dan kemampuan pemecahan masalah serta penekanan untuk berbagi pengalaman. Program ini bersifat non-gelar dan tidak bertujuan memberikan pengalaman ilmiah ataupun dasar pelatihan di suatu bidang. Tujuan program ini adalah memberikan peserta pengalaman yang memperluas perspektif, meningkatkan kemampuan untuk tanggung jawab profesional, dan menyediakan kesempatan untuk membangun jaringan profesional.

Kandidat peserta yang dimaksud adalah para administrator dalam posisi memimpin sektor publik maupun non-profit swasta dengan minimum pengalaman lima tahun. Peneliti, penyedia perawatan, spesialis pencegahan, dan perancang program di organisasi pemerintah maupun non-pemerintah juga akan dipertimbangkan.

Durasi Hibah

Program Hubert H. Humphrey Fellowship akan dilaksanakan dari bulan Agustus atau awal September sampai bulan Juni. Kandidat terpilih harus dapat berpartisipasi secara penuh dalam program pelatihan bahasa maupun program di universitas.

Status Non-gelar

Program Hubert H. Humphrey Fellowship tidak mendapatkan gelar. Namun peserta dapat mendaftar di kelas-kelas yang relevan dengan minat profesional, program ini tidak sesuai apabila peserta ingin berkonsentrasi pada gelar akademik di Amerika Serikat. Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan dianugerahi sertifikat partisipasi program. 

Manfaat Hibat

Program Hubert H. Humphrey Fellowship menyediakan tunjangan bulanan, sebuah buku, dana kebutuhan, biaya kuliah apabila ada, biaya perjalanan dari dan ke institusi tujuan (dan untuk program pelatihan bahasa inggris apabila iperlukan) dan biaya perjalanan domestik ke Washington D.C. untuk seminar spesial. Tambahan biaya juga akan disediakan untuk aktivitas seperti karyawisata atau kehadiran pada konferensi. Program ini tidak dapat diperpanjang.

Bidang Prioritas

Program Hubert H. Humphrey Fellowship dirancang untuk peserta dengan bidang program berikut: pembangunan pertanian/ekonomi pertanian; komunikasi/jurnalistik; pembangunan ekonomi/keuangan dan perbankan; administrasi pendidikan, perencanaan, dan kebijakan; kebijakan dan penanggulangan HIV/AIDS; manajemen sumber daya manusia; hukum dan hak asasi manusia; manajemen sumber daya alam dan lingkungan; manajemen dan keijakan kesehatan masyarakat; analisis kebijakan publik dan administrasi publik; pendidikan, pelayanan dan pencegahan penyalahgunaan zat terlarang; pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing; manajemen dan kebijakan teknologi; pencegahan dan kebijakan perdagangan manusia; perencanaan tata wilayah dan kota. Program dari universitas tidak untuk ilmiah maupun teknis dari bidang-bidang tersebut, melainkan untuk memperluas pembuatan kebijakan dan pemecahan masalah.

Penempatan di Program Universitas

Kandidat terpilih sebagai peserta akan ditempatkan secara khusus dalam kelompok kecil per bidang dan minat di perguruan tinggi Amerika Serikat yang akan menjadi tuan rumah bagi peserta. IIE tidak dapat menentukan penempatan universitas secara spesifik atas permintaan kandidat atau memberikan peserta hak mengikuti perkuliahan di universitas karena telah diterima universitas yang dituju. Kandidat peserta tidak dapat secara langsung mendaftar pada insitusi di Amerika Serikat.

Persyaratan Umum

Peserta harus:

  • Merupakan warga negara Indonesia dan bukan warga permanen Amerika Serikat atau sedang berdomisili di Amerika Serikat.
  • Memiliki kualitas kepemimpinan terbukti dari pengalaman dalam pelayanan sosial atau komunitas
  • Memiliki persiapan dan komitmen belajar di bidang yang dituju
  • Lancar berbahasa Inggris
  • Memiliki catatan akademis yang baik
  • Menunjukkan kemampuan untuk menyelesaikan program profesional di Amerika Serikat secara realistis
  • Bukan merupakan keluarga atau karyawan dari AMINEF, Kedutaan Besar Amerika Serikat, atau US Department of State.
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa lainnya pada saat pendaftaran beasiswa.

Persyaratan Khusus

Peserta harus:

  • Merupakan profesional karir menengah yang menempati posisi pemimpin, termasuk pembuat keputusan (policy-makers), perencanaan dan administrasi, manager, pimpinan NGO, atau jurnalis.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun dalam sektor publik atau non-profit, termasuk NGO.
  • Telah menyelesaikan studi S1.
  • Memiliki IPK minimal 2.75 (skala 4.00).
  • Skor TOEFL ITP min. 525 / TOEFL iBT min. 70 / IELTS yang setara.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (dalam bahasa Inggris):

  1. Formulir Pendaftaran.
  2. *Salinan skor TOEFL ITP / IELTS terbaru (hasil tes dari 2 tahun terakhir).
  3. *2 (Dua) surat referensi. Satu dari atasan di tempat kerja, dan yang satu dari profesor/mentor profesional/asosiasi lain di luar tempat kerja. Surat referensi ditulis dalam bahasa Inggris atau bisa menyertakan terjemahan bahasa Inggrisnya.
  4. *Salinan ijazah dan transkrip nilai (dokumen dalam bahasa Indonesia beserta terjemahan dalam bahasa Inggris).
  5. *Salinan KTP atau paspor.
  6. *Curriculum Vitae (CV).

*Harap menyertakan dokumen ini saat melakukan pendaftaran online

Batas waktu pendaftaran

Batas waktu pendaftaran diperpanjang sampai 15 Mei 2020.

* Batas waktu pendaftaran dapat berubah setiap tahun dan apabila batas waktu pendaftaran jatuh pada akhir pekan atau hari libur, aplikasi secara otomatis diperpanjang sampai hari kerja. Hanya peserta yang memenuhi syarat yang akan mendapat notifikasi dan diwawancara.

Untuk pendaftaran Beasiswa Karir Hubert Humphrey, dapat dilakukan secara Online dengan mengisi Formulir Pendaftaran Online pada link berikut: https://apply.iie.org/apply/Bagi peserta yang sudah mengirimkan dokumen hardcopy ke kantor AMINEF, diharapkan melakukan pendaftaran ulang dengan mensubmit dokumen pada link online di atas.

Cara Mendaftar

Peserta harus menyelesaikan pendaftaran online melalui https://apply.iie.org/apply/ sebelum batas waktu pada 15 Mei 2020.

Untuk peserta yang telah mengumpulkan aplikasi secara offline kepada kantor AMINEF, untuk mengirimkan aplikasi di link online di atas.

Informasi Kontak

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai proses aplikasi, silakan menghubungi email: infofulbright_ind@aminef.or.id

disadur dari: https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowships/hubert-h-humphrey-fellowship-program-mid-career-professionals/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.